Rabu, 05 Januari 2011

Pendidikan Mediakah atau Media Pendidikan?

Media pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan di masa sekarang ini.  Dengan semakin pentingnya kegunaan media dalam proses pendidikan, maka  peran pendidikan media pun semakin besar. Pendidikan media merupakan upaya memahami cara kerja suatu media, dan seperti yang telah saya sampaikan pada postingan sebelumnya, pendidikan media juga membantu kita agar kritis dalam menganalisis pesanmenawarkan kesempatan bagi peserta didik untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai media, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif dalam membuat pesan media mereka sendiri. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa saat ini, pendidikan media perlu menjadi prioritas.
Salah satu media pendidikan yang mungkin sangat dibutuhkan dewasa ini adalah internet. Internet seakan menjadi pintu bagi kita untuk bisa melihat dunia tanpa batas. Berbagai macam informasi serta hiburan tersedia di dalamnya. Bahkan internet juga bisa digunakan sebagai media komunikasi. Begitu banyak manfaat yang bisa dari peroleh dari penggunaan internet ini. Pada masa sekarang pun, banyak sekolah yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk tidak hanya menerima informasi sebatas dari pelajaran di sekolah, mereka juga dapat memperoleh informasi mengenai berbagai hal dan dari berbagai belahan dunia sehingga siswa memiliki wawasan yang lebih luas.
Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri pula bahwa meskipun memiliki segudang manfaat, internet juga memiliki banyak sisi negatif. Adanya berbagai situs porno serta sering terjadinya tindak kriminal melalui internet sesungguhnya sangat meresahkan. Nah, dalam hal inilah pendidikan media sangat berperan. Dengan adanya pengetahuan mengenai berbagai media pembelajaran tersebut, kita dapat lebih kritis dan lebih bijak dalam menghadapi berbagai efek negatif yang ditimbulkan oleh media tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar