Kamis, 13 Januari 2011

Bimbingan Belajar Online (Bimbel Online)


Dalam tulisan kali ini, saya mencoba membuat suatu kajian mengenai e-learning yang kemudian akan dikaitkan dengan salah satu program yang terdapat dalam situs Pusat Teknologi Informasi dan Teknologi Pendidikan (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional. Pustekkom sendiri merupakan salah satu pusat yang berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional, yang memiliki misi untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi serta meningkatkan kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Pustekkom memiliki beberapa program, diantaranya TVE (Televisi Edukasi), EdukasiNet, Bimbel Online, Radio Edukasi, Pelatihan Pengembangan Pemanfaatan TIK, dan lain-lain. Untuk tulisan kali ini, saya tertarik untuk mencermati mengenai Bimbel online. Namun sebelum itu, saya akan terlebih dahulu membahas mengenai e-learning.
Saat ini konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Istilah e-learning sendiri mengandung pengertian yang sangat luas. Secara sederhana e-learning dapat didefinisikan sebagai suatu pemanfaatan teknologi guna mendukung penyelenggaraan pendidikan (Mealy dan Loller, 2000). Sejalan dengan itu, European e-learning Action Plan (dalam Holmes dan Gardner, 2006) menyatakan bahwa e-learning merupakan penggunaan teknologi multimedia dan internet yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar dengan memfasilitasi akses menuju sumber dan layanan yang dibutuhkan serta pertukaran dan kerjasama jarak jauh, tanpa perlu bertatap muka. Internet menyampaikan pembelajaran kepada individu secara langsung, bahkan pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan nyaman di rumah selama 24 jam dalam sehari, dan 7 hari dalam seminggu (Mealy dan Loller, 2000). Hal ini sesuai pula dengan pendapat Holmes dan Gardner yang kemudian menyederhanakan pengertian e-learning sebagai akses online untuk sumber belajar, dimana saja dan kapan saja. 
Seperti yang telah saya sebutkan di awal tadi, saya akan mengaitkan konsep e-learning ini dengan salah satu program dari Pustekkom yaitu Bimbingan Belajar Online (Bimbel Online). Bimbel Online merupakan Bimbingan belajar bagi siswa secara on line melalui internet dan intranet (Jardiknas) yang diasuh oleh para tutor/guru yang berkompeten di bidangnya untuk membantu siswa menyiapkan diri menghadapi ujian. Bimbel online ini bertujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar bagi siswa untuk menyiapkan diri menghadapai ujian nasional (UN), menyediakan fasilitas bagi siswa untuk melakukan try out secara mandiri, menyediakan akses siswa kepada nara sumber (guru) yang kompeten, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pelaksanaan bimbingan belajar online terbagi atas: 

• Synchronous, yakni bimbingan belajar online di mana peserta dan tutor dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung, baik melalui video, audio, maupun teks 
• Asynchronous, yakni bimbingan belajar online di mana peserta dan tutor dapat berkomunikasi secara tunda baik melalui bahan belajar interaktif yang telah tersedia maupun memalui forum diskusi, email, dll.
Dengan adanya program Bimbingan online ini, tentunya akan memudahkan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Ketika mereka kurang memahami pelajaran atau membutuhkan bimbingan dari seorang guru saat mereka sedang tidak berada di sekolah, mereka dapat menggunakan fasilitas ini sehingga para peserta didik tersebut tetap dapat berkonsultasi dengan tenaga pengajar kapanpun dimanapun tanpa harus bertatap muka. Dengan adanya bimbel online ini kegiatan pembelajaran tidak terbatas hanya pada lingkungan sekolah saja.


Sumber :


Mealy L. & Loller B. (2000). E-Learning : Expanding and Training Classroom through Technology. Available at : http://books.google.co.id/books?id=XX6_K1dp-rEC&printsec=frontcover&dq=e-learning&hl=id&ei=SXIvTbHBI8jQrQfMkPnNCg&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=5&ved=0CD4Q6AEwBA#v=onepage&q&f=false. Tanggal Akses : 13 Januari 2011

Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom), Available at : http://pustekkom.depdiknas.go.id/, tanggal akses : 13 Januari 2011

2 komentar:

  1. ...Acid..temen2 belum ada yang sempet komen ya...?
    dan linknya kog tidak hypertext?

    take care
    wass,
    di

    BalasHapus
  2. iya Bu,,
    Buku yang kedua udah hypertext Bu,,
    yang pertama dan link ketiga belum..hehe..

    BalasHapus