Rabu, 22 Desember 2010

Pendidikan Media dan Media Pendidikan

Pendidikan Media dan Media Pendidikan mungkin akan dianggap sebagai hal yang sama bagi sebagian orang. Keduanya sangatlah berhubungan, namun bila ditinjau lebih jauh, pendidikan media berbeda dengan media pendidikan.

Pendidikan media (media education) merupakan suatu proses yang memungkinkan individu untuk melek media (media literated), yaitu mampu memahami mengenai sifat, teknik, serta dampak dari pesan-pesan dan produk media secara kritis. Pendidikan media dimaksudkan untuk membantu orang-orang agar kritis dalam menganalisis pesan, menawarkan kesempatan bagi peserta didik untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai media, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif dalam membuat pesan media mereka sendiri. Selain itu, pendidikan media terkadang dikonspetualiksasikan sebagai cara untuk mengatasi dimensi negatif dari media massa, budaya populer dan media digital. Dengan membangun pengetahuan dan kompetensi dalam penggunaan media dan teknologi, pendidikan media dapat memberikan semacam perlindungan terhadap anak serta generasi muda dengan membantu mereka membuat pilihan yang baik dalam mengkonsumsi media serta pola penggunaannya.

Media Pendidikan (instructional media) merupakan media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran. Menurut Rossi dan Breidle, Media pendidikan adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan. Sedangkan menurut Brown, media pendidikan adalah segala sumber yang berupa alat atau perlengkapan apapun yang digunakan oleh guru atau siswa dalam proses belajar mengajar yang akan meningkatkan efektivitas program belajar. 
Media pendidikan terdiri dari hardware dan software. Klasifikasi dari media pendidikan antara lain sebagai berikut.

KLASIFIKASI
JENIS MEDIA
Media yang tidak diproyeksikanRealia, model, bahan grafis, display
Media yang diproyeksikanOHT, Slide, Opaque
Media audioAudio K aset, Audio V ission, aktive Audio Vission
Media videoVideo
Media berbasis komputerComputer A ssisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer)
Multimedia kitPerangkat praktikum


Manfaat media pendidikan antara lain :
a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
b. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami dan dikuasai siswa.
c. Metode pengajaran akan lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal.
d. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengar uraian guru, tetapi juga punya aktifitas lain seperti mengamati, merumuskan, melakukan dan mendemonstrasikan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendidikan media dapat dikatakan sebagai bekal pengetahuan kita dalam penggunaan berbagai media pendidikan yang dapat membantu kita mengetahui efek-efek negatif yang mungkin ditimbulkan media tersebut, sehingga pada prosesnya kita dapat lebih bijak dalam penggunaan media pendidikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar